Sejarah Bandar Magodang

Administrator 25 Maret 2019 14:36:40 WIB

 

Sejarah Terbentuknya Desa Bandar Magodang

 

               Desa Bandar Magodang pada awalnya di huni oleh penduduk yang mayoritas Suku Simalungun yang beragama Kristen. Hal ini dapat dibuktikan dengan berdirinya bangunan Gereja Methodis Indonesia ( GMI ) yang memang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Bahkan sebelum ada Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Bintang Bayu di Bandar Magodang sudah ada Sekolah Dasar yaitu Sekolah Methodis atau Sekolah Sombul, dimana waktu itu semua penduduk baik yang beragama Kristen maupun Beragama Islam mereka belajar baca tulis di sekolah tersebut. Sehingga pada masa itu orang-orang menyebut Desa Bandar Magodang dengan sebutan Kampung Sombul.

Pada masa itu Desa Bandar Magodang selain menjadi pusat pendidikan  juga menjadi pusat perdagangan getah/ karet, dimana hasil getah masyarakat di sekitar kecamatan Bintang Bayu dibawa ke Bandar Magodang untuk di jual.

Oleh sebab itu kurang lebih tahun 1958 pada masa itu Kepala Kampungnya yang bernama Jayadi memberikan nama Kampung Sombul menjadi Kampung Bandar Magodang. Dimana Bandar Magodang berasal dari bahasa Simalungun yakni kata Bandar berarti Pusat (tempat orang-orang berkumpul) dan kata Magodang berarti besar.

Selanjutnya seiring berjalannya waktu banyak penduduk suku Jawa yang awalnya bekerja sebagai karyawan di PTP IV Kebun Bandar Negeri ( sekarang menjadi PTPN 3 Kebun Silau Dunia ) setelah pensiun mereka pindah dan menetap di Desa Bandar Magodang. Karena semakin banyak penduduk yang beragama islam maka mereka mendirikan Rumah Ibadah yaitu Mesjid yang diberi nama Mesjid AR-Rahman. Hingga sampai sekarang ini mayoritas suku di Desa Bandar Magodang adalah suku Jawa.

           Menurut Burhanuddin Kepala desa Bandar Magodang Yang sekarang dimulai dari Tahun 1948 sekarang  yaitu : dari Suapi dari Tahun 1948-1958, Jayadi 1958 -1968, Jono 1968-1986, Tamiarjo 1986 - 1996, Karneti 1996 -2004, Supatmini 2004 - 2007, dan Burhanuddin 2007 - sekarang.

 

 

 

 

 

Komentar atas Sejarah Bandar Magodang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Bandar Magodang

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung